Saturday 28 September 2019

Terapi dengan Mesmerisme

Symbolic Communication dari unconsious mind


Membicarakan simbol berarti membicarakan FUNGSI KOMUNIKASI TERTUA dalam sejarah PERADABAN. Pada dasarnya manusia dilahirkan dalam kondisi belum memahami penggunaan bahasa verbal, kalau pun kemudian hari kemampuan berbahasa berkembang mengikuti kebiasaan berbahasa di kelompok kita tinggal, masih ada ‘celah komunikasi’ yang muncul ketika berkomunikasi dengan orang lain yang tidak sekelompok, disinilah muncul penggunaan bahasa simbolis pertama kali untuk menyampaikan pesan dalam bentuk VISUAL: BAHASA TUBUH.

Jika kita coba telaah, penggunaan bahasa tubuh selalu dibarengi penggunaan suara sebagai media meningkatkan kekuatan pesan, contohnya saja Anda tentu memahami secara universal bahwa ketika seseorang berkata “Sssshhhhhtttt…” maka hal itu adalah tanda untuk diam, tenang atau memelankan suara, inilah simbol berikut yang dihadirkan dalam bentuk AUDITORY.

Simbol visual dan auditory tentu cukup mudah dipahami, namun apakah hanya dua itu saja? Tidak, masih ada satu lagi simbol maha dahsyat yang merupakan gabungan dari keduanya: KINESTETIK. Simbol kinestetik lebih mengacu kepada ‘perasaan’ atau ‘firasat’, ketika seseorang ingin menyampaikan sebuah pesan pada orang lain yang berbeda bahasa maka pikirannya menyuarakan suara-suara dalam bahasanya sendiri dan gambaran akan maksud pesannya tersebut, gabungan dari suara dan gambar tersebut melahirkan getaran (biasa disebut VIBRASI) yang beresonansi pada orang yang kita ajak berkomunikasi, yang diterimanya dalam bentuk ‘intuisi’ tentang isi pesan yang kita sampaikan, pesan ini kemudian diterima oleh unconsious mind-nya dan akhirnya diteruskan ke conscious mind-nya.

Mekanisme penyembuhan dengan Hypnosis Mesmerism


Berdasarkan sedikit keterangan tentang penggunaan simbol di atas, maka sedikit banyak sudah teruraikan mekanisme PENYEMBUHAN berbasis Mesmerism dan perbedaannya dengan hipnosis. Dalam hipnosis kita berkomunikasi dengan pikiran sadar pada awalnya, lalu perlahan-lahan turun ke bawah sadar untuk melakukan intervensi dan baru naik lagi ke pikiran sadar dengan hasil yang baru.

Dalam Mesmerism yang terjadi adalah kita MENGAKSES PIKIRAN TIDAK  SADAR seseorang untuk berkomunikasi, ketika bagian ini terakses kita langsung melakukan intervensi disana sesuai kebutuhan dan setelahnya barulah kembali ke pikiran sadar.

Fenomena yang terjadi berbeda dengan sesi hipnoterapi. Jika dalam sesi hipnoterapi formal klien memejamkan mata seperti tertidur dan berada di kesadaran yang nampak sekali berbeda, dalam Mesmerism sering kali terapi dilakukan dalam kondisi duduk biasa, berdiri dan bahkan ada kalanya sambil membuka mata biasa. Berbeda dengan teraksesnya subconscious mind secara penuh, teraksesnya unconscious mind secara penuh tidak selalu ditunjukkan dengan lemas atau memejamkan mata, selama unconscious mind sudah menangkap makna simbol-simbol yang kita tunjukkan melalui bahasa tubuh, suara dan vibrasi maka ia akan menyesuaikan kondisinya sendiri untuk berubah.

Jika kondisi trance dalam hipnosis dikenal sebagai HYPNOTIC-TRANCE, kondisi trance dalam Mesmerism dikenal sebagai MESMERIC-TRANCE. Lalu apakah ada jenis Mesmeric Trance yang menyerupai Hypnotic Trance dengan cirinya yang seperti seolah rileks dan berpindah kesadaran seperti hipnosis? Ada, di bawah ini akan kita temukan jawabannya.

Ragam penyembuhan berbasis Hypnosis Mesmerism


Sebelum membahas ragam penyembuhan yang ada, pertanyaannya adalah: apakah ada yang harus dilakukan oleh seorang praktisi Mesmerism secara rutin untuk berlatih? Jawabannya adalah: YA. Berbeda dengan hipnoterapi yang mengandalkan sugesti verbal, sugesti non-verbal Mesmerism sangatlah mengandalkan KUALITAS VIBRASI atau medan energi praktisi penggunanya, maka ada rangkaian LATIHAN PERNAFASAN dan PEMUSATAN PIKIRAN yang harus dilakukan rutin untuk mempertahankan kualitas vibrasi ini, termasuk memahami penggunaan simbol visual, auditori dan kinestetik yang dibutuhkan.

Dalam melakukan penyembuhan, praktisi Mesmerism mengandalkan INTUISI-nya yang muncul untuk menerapkan teknik yang diperlukan sesuai kebutuhan unconcsious mind subjek yang ditanganinya, kemampuan intuisi ini pun bukan muncul dalam sekejap melainkan melalui rangkaian latihan rutin.

Ada banyak teknik penyembuhan Mesmerism, yang menggunakan simbol suara contohnya yaitu SOUND HEALING dengan menggunakan banyak karakter suara untuk memunculkan respon berbeda dari unconscious mind. Yang menggunakan simbol bahasa tubuh adalah paling banyak, ditandai dengan banyaknya teknik Mesmerism yang menggunakan gerakan tangan seperti kibasan dengan pola tertentu.

Penyembuhan Mesmerism yang mengakses kondisi seperti serupa dengan hypnotic-trance pun ada, biasanya hal ini digunakan untuk meregenerasi daya penyembuhan alami tubuh dalam KONDISI KRISIS MESMERIK (MESMERIC CRISIS STATE) dan melepaskan hambatan-hambatan magnetis dalam tubuh, bedanya dengan hipnoterapi dalam kondisi ini tubuh subjek biasanya bergerak sendiri melepaskan hambatan-hambatan internalnya.

Ada juga teknik lain yang tidak mensyaratkan crisis state yang terlalu dalam, seperti Campanelli’s Method, Faria’s Method dan banyak lagi. Terlepas dari jenis simbol suara atau bahasa tubuh yang digunakan, praktisi Mesmerism haruslah mempertahankan vibrasi yang ia pancarkan karena simbol kinestetik inilah yang beresonansi konstan dengan unconscious mind subjek.

Info Program Mesmerisme dan Magnetisme hubungi 085212995990

No comments:

Post a Comment